Alfan Rizki W [ TI - KESEHATAN ]

Alfan Rizki W [ TI - KESEHATAN ] Ilmu Blog | Created By Alfan Rizki W

  • Home
  • Facebook
  • Twitter
Institut Teknologi Bandung
Universitas Gadjah Mada
STEI - ITB

About Me

Popular Posts

Thumbnail Recent Post

Blog Archive

Institut Teknologi Bandung

Selamat datang/sugeng rawuh/welcome di blog sederhana saya, semoga bemanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca blog batch06rizkialfan.blogspot.com yang sederhana ini...

STEI-ITB

Selamat datang/sugeng rawuh/welcome di blog sederhana saya, semoga bemanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca blog batch06rizkialfan.blogspot.com yang sederhana ini...

Universitas Gadjah Mada.

Selamat datang/sugeng rawuh/welcome di blog sederhana saya, semoga bemanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca blog batch06rizkialfan.blogspot.com yang sederhana ini ...

Grha Sabha Pramana(GSP)

Selamat datang/sugeng rawuh/welcome di blog sederhana saya, semoga bemanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca blog batch06rizkialfan.blogspot.com yang sederhana ini ...

Gedung Pusat UGM

Selamat datang/sugeng rawuh/welcome di blog sederhana saya, semoga bemanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca blog batch06rizkialfan.blogspot.com yang sederhana ini ...

Cari Blog Ini

ujian pjj hari ini ada 3 pertanyaan yang intinya  :
1. perbedaaan PJJ dengan pmblajaran tatap muka dari segi ( pengajar, peserta didik, dan bahan ajar)
2. kriteria media untuk PJJ
3. faktor pendukung dan penghambat perkembangan pjj di indonesia
berikut jawaban simpel dan singkat saya...:


1 . disisi pengajar : pada PJJ pengajar hanya sebagai tutor dan fasilitator, pemberi semangat pengajar,  sedang pada pembelajaran tatap muka pengajar berperan penuh sebagai pemberi ilmu. Dari segi peserta didik, peserta didik dituntut lebih aktif dan belajar mandiri, selain itu peserta didik lebih leluasa untuk mengembangkan materi apa yang harus dipelajari dahulu. Selain itu karena tidak betemu secra langsung dengan pengajar maka tidak akan terpengaruh kondisi emosional pengajar secara langsung. Dari segi bahan ajar, pada PJJ bahan ajar disampaikan melalui berbagai media baik elektronik maupun media tradisional, pada pjj semua media boleh dimanfaatkan untuk belajar yang penting bisa digunakan untuk mentrasfer ilmu walau pemberi ilmu dan penerima ilmu terpisah jauh.
2. Menurut saya kriteria media yang memenuhi kebutuhan proses belajar mengajar dalam PJJ adalah semua media yang bisa dipakai untuk komunikasi dan menyampaikan berita, pesan dan ilmu. Jenis media yang dipilih dapat kita tentukan dengan kondisi lapangan. Media berfungsi untuk mempermudah pembelajaran..jadi media yang dipilih harus sesuai dengan kondisi yang ada dilapangan. Sebagai contoh tidak mungkin untuk tempat yang tidak terkoneksi internet kita paksa untuk belajar melalui internet, jika dipaksakan justru akan pembelajaran tidak akan berjalan itu artinya proses PJJ gagal di tempat tersebut.
3. Faktor pendukungnya adalah media. Sekarang media IT berkembang sangat pesat di Indonesia, pengguna IT . selain itu antusias masyarakat Indonesia untuk menggunakan media internet sekarang ini semakin meningkat, tentu dari situ akan muncul paradigma baru “kalau bisa belajar sambil mengerjakan pekerjaan lain, kenapa tidak belajar??”
Faktor penghambatnya adalah payung huhumnya menghruskan menggunakan ICT sementara untuk sekarang belum semua wilayah di Indonesia terakses ICT. Selain itu, karena sakses informasi ke daerah plosok masih agak terhambat sehingga dapat mengakibatkan penyampaian materi untuk daerah plosok agak tertinggal dengan daerah perkotaan. Namun demikian walau penerimaan materi agak terlambat bukan berarti PJJ gagal karena PJJ tidak mengenal ruang dan waktu..

Demikian jawaban singkat dalam ujian  PJJ versi saya…kurah lebihnya mohon maaf dan Salam PJJ..:)

Leave a Reply