ujian pjj hari ini ada 3 pertanyaan yang intinya :
1. perbedaaan PJJ dengan pmblajaran tatap muka dari segi ( pengajar, peserta didik, dan bahan ajar)
2. kriteria media untuk PJJ
3. faktor pendukung dan penghambat perkembangan pjj di indonesia
berikut jawaban simpel dan singkat saya...:
Institut Teknologi Bandung
Selamat datang/sugeng rawuh/welcome di blog sederhana saya, semoga bemanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca blog batch06rizkialfan.blogspot.com yang sederhana ini...
STEI-ITB
Selamat datang/sugeng rawuh/welcome di blog sederhana saya, semoga bemanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca blog batch06rizkialfan.blogspot.com yang sederhana ini...
Universitas Gadjah Mada.
Selamat datang/sugeng rawuh/welcome di blog sederhana saya, semoga bemanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca blog batch06rizkialfan.blogspot.com yang sederhana ini ...
Cari Blog Ini
1 . disisi pengajar : pada PJJ pengajar
hanya sebagai tutor dan fasilitator, pemberi semangat pengajar, sedang pada pembelajaran tatap muka pengajar
berperan penuh sebagai pemberi ilmu. Dari segi peserta didik, peserta didik
dituntut lebih aktif dan belajar mandiri, selain itu peserta didik lebih
leluasa untuk mengembangkan materi apa yang harus dipelajari dahulu. Selain itu
karena tidak betemu secra langsung dengan pengajar maka tidak akan terpengaruh
kondisi emosional pengajar secara langsung. Dari segi bahan ajar, pada PJJ
bahan ajar disampaikan melalui berbagai media baik elektronik maupun media
tradisional, pada pjj semua media boleh dimanfaatkan untuk belajar yang penting
bisa digunakan untuk mentrasfer ilmu walau pemberi ilmu dan penerima ilmu
terpisah jauh.
2. Menurut saya kriteria media
yang memenuhi kebutuhan proses belajar mengajar dalam PJJ adalah semua media
yang bisa dipakai untuk komunikasi dan menyampaikan berita, pesan dan ilmu. Jenis
media yang dipilih dapat kita tentukan dengan kondisi lapangan. Media berfungsi
untuk mempermudah pembelajaran..jadi media yang dipilih harus sesuai dengan kondisi
yang ada dilapangan. Sebagai contoh tidak mungkin untuk tempat yang tidak
terkoneksi internet kita paksa untuk belajar melalui internet, jika dipaksakan
justru akan pembelajaran tidak akan berjalan itu artinya proses PJJ gagal di
tempat tersebut.
3. Faktor pendukungnya adalah
media. Sekarang media IT berkembang sangat pesat di Indonesia, pengguna IT .
selain itu antusias masyarakat Indonesia untuk menggunakan media internet
sekarang ini semakin meningkat, tentu dari situ akan muncul paradigma baru “kalau
bisa belajar sambil mengerjakan pekerjaan lain, kenapa tidak belajar??”
Faktor penghambatnya adalah payung
huhumnya menghruskan menggunakan ICT sementara untuk sekarang belum semua
wilayah di Indonesia terakses ICT. Selain itu, karena sakses informasi ke
daerah plosok masih agak terhambat sehingga dapat mengakibatkan penyampaian
materi untuk daerah plosok agak tertinggal dengan daerah perkotaan. Namun demikian
walau penerimaan materi agak terlambat bukan berarti PJJ gagal karena PJJ tidak
mengenal ruang dan waktu..
Demikian jawaban singkat dalam
ujian PJJ versi saya…kurah lebihnya
mohon maaf dan Salam PJJ..:)