Alfan Rizki W [ TI - KESEHATAN ]

Alfan Rizki W [ TI - KESEHATAN ] Ilmu Blog | Created By Alfan Rizki W

  • Home
  • Facebook
  • Twitter
Institut Teknologi Bandung
Universitas Gadjah Mada
STEI - ITB

About Me

Popular Posts

Thumbnail Recent Post

Blog Archive

Institut Teknologi Bandung

Selamat datang/sugeng rawuh/welcome di blog sederhana saya, semoga bemanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca blog batch06rizkialfan.blogspot.com yang sederhana ini...

STEI-ITB

Selamat datang/sugeng rawuh/welcome di blog sederhana saya, semoga bemanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca blog batch06rizkialfan.blogspot.com yang sederhana ini...

Universitas Gadjah Mada.

Selamat datang/sugeng rawuh/welcome di blog sederhana saya, semoga bemanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca blog batch06rizkialfan.blogspot.com yang sederhana ini ...

Grha Sabha Pramana(GSP)

Selamat datang/sugeng rawuh/welcome di blog sederhana saya, semoga bemanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca blog batch06rizkialfan.blogspot.com yang sederhana ini ...

Gedung Pusat UGM

Selamat datang/sugeng rawuh/welcome di blog sederhana saya, semoga bemanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca blog batch06rizkialfan.blogspot.com yang sederhana ini ...

Cari Blog Ini


TCP/IP (Transmission Control Protocol /Internet protocol) adalah satu set protokol yang memungkinkan terjadinya komunikasi antar komputer , TCP/IP menjadi sangat populer karena apabila kita ingin terkoneksi ke Internet kita harus menggunakan protokol TCP/IP, yang mana dengan TCP/IP inilah kemudian komputer di seluruh dunia dapat saling berkomunikasi. Dengan kata lain TCP/IP  merupkan setandar komunikasi data yang digunakan dalam proses tukar-menukar data dari computer satu  ke computer lain di dalam jaringan internet. 
Pada tahun 1974 Vint Cerf dan Bob Khan dua perintis Internet, mempublikasikan sebuah tulisan berjudul “A Protocol for Packet Network Interconnection”, tulisan ini menggambarkan tentang Transmission Control Protocol (TCP). TCP menjelaskan bagaimana dua buah host dapat saling berkomunikasi dan bagaimana kedua host ini tetap terkoneksi satu sama lain ketika data dikirim. TCP bertanggung jawab untuk memastikan data diterima di host tujuan. TCP meninggalkan jejak tentang apa yang dikirim dan dikirim ulang (informasi apapun yang tidak berhasil dikirimkan), jika suatu data terlalu besar untuk dikirim sebagai sebuah paket, TCP memecah data tersebut kedalam beberapa paket dan memastikan bahwa seluruh paket yang dikirim dapat sampai di tujuan dengan benar, setelah itu TCP menyusun kembali paket-paket tersebut sesuai dengan urutannya dan kemudian merekonstruksi data yang dikirim. Pada tahun 1978 percobaan dan pengembangan lebih lanjut dari protokol ini mengalami banyak kemajuan yang menggiring para pengembangnya pada sebuah protokol baru yang disebut dengan Transmission Control Protocol/Internet Protocol.
TCP/IP terdiri dari 4 Layer yang meliputi :
1.      Network Access Layer / Network Interface Layer
Layer  ini berfungsi untuk menyediakan media bagi sistem untuk mengirimkan data ke device lain yang terhubung secara langsung.  Jadi Layer ini menentukan bagai mana sebuah komputer dapat terkoneksi kedalam suatu jaringan komputer, hal ini sangat penting karena data harus dikirimkan dari dan ke suatu host melalui sambungan pada suatu jaringan.
2.      Internet Layer
Layer ini merupakan layer yang bertanggung jawab dalam  aktifitas pengalamatan dan routing paket
Internet Layer  terdiri dari beberapa protocol berikut ini:
·         Internet Protokol (IP)
merupakan salah satu protokol kunci di dalam kumpulan protokol TCP/IP. Sebuah paket IP akan membawa data aktual yang dikirimkan melalui jaringan dari satu titik ke titik lainnya.
·         Address Resolution Protokol (ARP)
ARP adalah sebuah protokol dalam TCP/IP Protocol Suite yang bertanggungjawab dalam melakukan resolusi alamat IP ke dalam alamat Media Access Control (MAC Address)
·         Internet Control Message Protokol (ICMP)
ICMP atau Internet Control Message Protocol adalah protokol yang bertugas mengirimkan pesan-pesan kesalahan dan kondisi lain yang memerlukan perhatian khusus.
·         Internet Group Message Protokol (IGMP)
Internet Group Management Protocol (IGMP) adalah protokol komunikasi yang digunakan untuk mengelola keanggotaan Internet Protokol multicast grup. IGMP digunakan oleh IP host dan sekitar multicast router untuk membentuk keanggotaan grup multicast.

3.      Transport Layer
Transport layer  merupakan layer  yang  menentukan bagaimana host pengirim dan host penerima dalam membentuk sebuah sambungan sebelum kedua host tersebut berkomuikasi, serta seberapa sering kedua host ini akan mengirim acknowledgment dalam sambungan tersebut satu sama lainnya. Transport layer hanya terdiri dari dua protokol; yang pertama adalah TCP (Transport Control Protokol) dan yang kedua adalah UDP (User Datagram Protokol). TCP bertugas; membentuk sambungan, mengirim acknowledgment, dan menjamin terkirimnya data sedangkan UDP dapat membuat transfer data menjadi lebih cepat.
4.      Aplication Layer
Aplication layer merupakan layer yang melayani permintaan data atau servis, aplikasi pada layer ini menunggu di portnya masing-masing dalam suatu antrian untuk diproses. Aplication layer bukanlah tempat bagi word processor, spreadsheet, internet browser atau yang lainnya akan tetapi aplikasi yang berjalan pada application layer berinteraksi dengan word processor, spreadsheet, internet browser atau yang lainnya, contoh aplikasi populer yang bekerja pada layer ini yaitu:
·         TELNET (Network Terminal Protocol), yang menyediakan remote login dalam jaringan.
·         FTP (File Transfer Protocol), digunakan untuk file transfer.
·         c. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), dugunakan untuk mengirimkan electronic mail.
·         DNS (Domain Name Service), untuk memetakan IP Address ke dalam nama tertentu.
·         e. RIP (Routing Information Protocol), protokol routing.
·         OSPF (Open Shortest Path First), protokol routing.
·         NFS (Network File System) untuk sharing file terhadap berbagai host dalam jaringan.
·         HTTP (Hyper Text Transfer Protokol), protokol untuk web browsing.
Perbedaan  TCP/IP dengan OSI
Perbedaan model TCP/IP dengan model OSI yang paling mencolok terletak pada jumlah layernya. Untuk lebih jelasnya perbandingannya dapat kita lihat pada  gambar berikut:

·         TCP/IP menggabungkan presentation dan session layers kedalam application layers.
·         TCP/IP menggabungkan OSI-data link dan physical layers kedalam network access layer.
·         TCP/IP Protocol adalah standar dalam pengembangan internet.
Alasan kenapa TCP / IP lebih popular
Dari penjelasan tentang TCP/IP dan perbedaan tadi maka, TCP/IP menjadi lebih populer. TCP/IP lebih sederhana dan fleksibel. Pada TCP /IP hanya ada 4 tingkatan layer. TCP/IP merupakan setandar protocol terbuka sehingga pengembangannya tidak tergantung pada system operasi dan hardware tertentu. TCP/IP sangat fleksibel. Dengan TCP/IP sangat memungkinkan untuk melakukan integrasi berbagai macam jaringan yang berbeda. Dengan menggunakan TCP/IP dapat dilakukan pengalamatan piranti secara unik pada seluruh jaringan walaupun jaringannya seluas internet 

Leave a Reply