Alfan Rizki W [ TI - KESEHATAN ]

Alfan Rizki W [ TI - KESEHATAN ] Ilmu Blog | Created By Alfan Rizki W

  • Home
  • Facebook
  • Twitter
Institut Teknologi Bandung
Universitas Gadjah Mada
STEI - ITB

About Me

Popular Posts

Thumbnail Recent Post

Blog Archive

Institut Teknologi Bandung

Selamat datang/sugeng rawuh/welcome di blog sederhana saya, semoga bemanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca blog batch06rizkialfan.blogspot.com yang sederhana ini...

STEI-ITB

Selamat datang/sugeng rawuh/welcome di blog sederhana saya, semoga bemanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca blog batch06rizkialfan.blogspot.com yang sederhana ini...

Universitas Gadjah Mada.

Selamat datang/sugeng rawuh/welcome di blog sederhana saya, semoga bemanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca blog batch06rizkialfan.blogspot.com yang sederhana ini ...

Grha Sabha Pramana(GSP)

Selamat datang/sugeng rawuh/welcome di blog sederhana saya, semoga bemanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca blog batch06rizkialfan.blogspot.com yang sederhana ini ...

Gedung Pusat UGM

Selamat datang/sugeng rawuh/welcome di blog sederhana saya, semoga bemanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca blog batch06rizkialfan.blogspot.com yang sederhana ini ...

Cari Blog Ini


Berbicara mengenai kerja apliaksi file transfer pada jaringan computer tentu sangat berhubungan erat dengan FTP(File Transfer Protocol). FTP merupakan sebuah protocol pada lapisan aplikasi yang berfungsi untuk mengatur pentransferan file pada sebuah network. Berbicara mengenai FTP tentu kita tidak bisa lepas dari 2 bagian penting dalam FTP. Kedua bagian yang sangat penting dari FTP tersebut adalah FTP client dan FTP server.
FTP client adalah perangkat yang digunakan untuk melakukan transfer file dalam lingkungan internet menggunakan standar dari FTP (File Transfer Protocol). Perangkat tersebut biasanya dibangun dengan sebuah aplikasi FTP client. Contoh dari aplikasi  FTP client adalah Cute FTP, Go!zilla, caitoo, axyFTP, telnet, dll. Sedangkan FTP server sendiri adalah komputer server yang memberikan akses FTP ke Intranet (local) maupun Internet ( global). Seperi halnya FTP client, FTP server juga dibangun menggunakan suatu software tertentu contohnya antara lain adalah FTPd, pro-FTPd, ftpX, Troll-FTPd, dll.

Selain berhubungan dengen FTP tentunya file transfer sangat berhubungan dengan proses pengiriman dan penerimaan data pada network. Tata urutan pengiriman data pada jaringan computer secara umum dapat kita lihat pada gambar Network Layer Interaction berikut ini :  

Karena yang kita transfer datanya berupa file maka protocol yang kita gunakan adalah FTP. Dalam kehidupan sehari-hari secara umum dan sederhananya proses transfer file pada jaringan computer dilakukan dengan cra sebagi berikut:

1.        Menjalankan program client FTP pada computer pengirim
2.       Memilih alamat dan port server
3.       User akan akan menunjukan ke server mankah program client FTP harus terkoneksi.
4.       Application layer akan mengirim informasi ke session layer melalui  presentation layer. Informasi tersebut berisi perintah untuk membuka koneksi ke computer lain pada port dan alamat yang telah ditentukan. Pada tahap ini tidak begitu banyak yang dilakukan presentation layer dan sebenarnya bagian presentation layer ditangani oleh sebuah program FTP .
5.       Session layer akan melakukan negosiasi dengan FTP Server untuk membuat sebuah koneksi. Cara yang dilakukan adalah dengan mengirim beberapa sinyal sinkronisasi antara  computer client dan computer server. Proses pengiriman sinyal dari computer client ke computer server urutanya dapat dideskripsikan sebagai berikut:
a.       Session layer computer client akan mengirim data paket sinyal (SYN) ke transport layer.
b.      Transport layer akan menambahkan sebuah header pada paket untuk mnunjukan paket tersebut berasal dari port mana dan tujuannya ke port yang mana.
c.       Network layer akan menambahkan IP address sumber dan IP address tujuan serta informasi lainnya ke pada IP header.
d.      Datalink layer akan menunjukan hardware address/ alamat hardware dari computer tujuan dengan memanfaatkan APR dan informasi hasil routing. Sebuah header tambahan (ethernet) akan ditambahkan pada lapisan ini yang menunjukkan alamat hardware penerima pesan beserta dengan informasi lainnya.
e.      Informasi akan dikirim ke network card computer server.
f.        FTP Server normalnya hanya akan mencari frame ethernet yang cocok dengan alamat hardwarenya.
g.       FTP Server akan melihat serta mencocokan alamat frame ethernet dan strip informasi header ethernet dan mengirimkannya ke network layer.
h.      Transport layer akan melihat nomor port TCP dan dengan berdasarkan pada nomor port inilah poses servicesnya dijalankan. Header TCP akan dibuka dan  informasi dikirim ke program yang sesuai yang melayani port yang diminta.
i.         Network layer akan memeriksa informasi IP address, membuka header IP nya, dan jika IP address cocok maka akan mengirimkan paket informasinya ke transport layer.
j.        Pada point ini, session layer dalam program FTP akan melakukan serangkaian pertukaran data antara dirinya melalui semua lapisan bawahnya ke komputer klien sampai sebuah session selesai didirikan.
6.       Pada point ini informasi antara client dan server sudah dapat dikirim dengan beberapa perintah FTP. Setiap transmisi melewati network layers  dari application layer ke lapisan hardware dan back up  layers pada komputer penerima.
7.       Ketika client memutuskan untuk menutup/memutus  session layer mka akan diinformasikan ke  layer yang lebih tinggi untuk dilakukan penutupan/pemutusan koneksi.

Leave a Reply